You are here
Beranda > Komunitas > Pentingnya Komunitas Untuk Generasi Muda

Pentingnya Komunitas Untuk Generasi Muda

BacaArtikel.com – Pada jaman sekarang ini, pergaulan dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita, karena mereka dapat menularkan sifat dan kebiasaan pada diri kita juga. Oleh karena itu lengkapi kehidupan sehari-hari kita dengan lingkungan yang bermanfaat juga.

Banyak cara buat ngebentuk kita jadi generasi muda yang berharga. Tapi sekolah bukan satu-satunya cara buat lo mencari ilmu, dan pendewasaan diri. Ada jalan lain yang bisa lo lakukan supaya masa muda lo enggak terbuang sia-sia. Salah satunya dengan masuk ke sebuah komunitas, tentu yang positif.

Berdasarkan Wikipedia, komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang artinya kesamaan. Pendek kata, komunitas yang ViKi maksud sekelompok individu yang punya maksud, kepercayaan, sumber daya, kebutuhan, risiko, kegemaran, dan sejumlah kondisi lain yang sama.

Komunitas di Indonesia beberapa tahun terakhir memang berkembang pesat. Tidak hanya yang punya nama besar, tapi banyak komunitas-komunitas kecil yang ada di sekolah atau kampus. Kalau disebutkan jumlah komunitas di Indonesia mungkin bisa mencapai ribuan.

Bergabung dalam sebuah komunitas tentu saja enggak asal ngumpul, ada banyak hal positif yang bisa lo dapatkan, apalagi jika komunitas itu sesuai banget sama hobi dan passion lo. Banyak manfaat yang bisa lo dapatkan ketika bergabung dalam sebuah komunitas. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa lo dapatkan.

 

1. Menambah Wawasan

Kalau lo punya hobi dan enggak pernah berbagi sama orang lain, ilmu lo jelas enggak akan berkembang. Tapi kalau lo gabung dengan komunitas , lo akan ketemu banyak orang dengan hobi serupa dan pengalaman beda-beda yang ilmunya bisa lo “curi”. Otomatis, wawasan lo bakal nambah dan hobi lo enggak jalan di tempat.

 

2. Menambah Teman

Ada ungkapan, seribu teman tidak akan pernah cukup. Dengan masuk komunitas, lo akan bertemu dengan banyak orang dari beragam kalangan. Daftar teman di dunia nyata lo pasti nambah, bukan cuma teman dunia maya.

 

3. Investasi Masa Depan

Apa yang lo lakukan sekarang adalah investasi buat masa depan lo. Siapa tahu kesuksesan lo di masa depan berkat kegiatan lo di komunitas, bukan dari jalur pendidikan formal.

 

4. Hidup Semakin Positif

Memasuki lingkungan yang positif hidup lo akan menjadi lebih baik. Kecil kemungkinan lo terjerumus sama hal-hal negatif, seperti obat dan seks bebas. Sebab lo bergaul dengan orang-orang yang punya antusiasme yang sama untuk masa depan. Percaya deh, energi positif itu menular.

 

 

SUMBER