You are here
Beranda > Traveling > Serasa Panorama Alam Pegunungan di Luar Negeri, Inilah Embung Kledung Temanggung.

Serasa Panorama Alam Pegunungan di Luar Negeri, Inilah Embung Kledung Temanggung.

Kata siapa liburan harus jauh dan mahal? Liburan yang menyenangkan nggak melulu harus ke luar Jawa kok. Ada banyak alternatif liburan yang sejuk dan menyegarkan dan nggak macet kaya di puncak. Masih banyak destinasi yang sejuk dan cocok buat berakhir pekan. Salah satunya, embung Kledung di Temanggung, Jawa Tengah.

Beberapa hari belakangan, muncul foto yang cukup viral di Instagram tentang keindahan embung atau waduk mini yang satu ini. Pemandangan gunung Sindoro yang megah berpadu dengan jernihnya embung dengan ikan-ikan di dalamnya ini bikin netizen penasaran. Di mana sih ada tempat seindah itu? Untuk itu, Kita mau kasih jawaban ke kamu semua. Ini dia ulasan tentang embung Kledung Temanggung. Simak ya.

Embung Kledung Temanggung, danau mini yang menyajikan panorama serasa di luar negeri

Embung Kledung di Temanggung adalah waduk yang dibuat dalam ukuran mini yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Lokasi embung yang berukuran 83×83 ini berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Embung ini sendiri dibangun pada tahun 2010 lalu.

Tujuan embung ini dibangun adalah untuk mengatasi kesulitan air pada musim kemarau, terutama untuk pertanian. Selain itu waduk ini juga jadi pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah pemandangan waduk dengan latar belakang Gunung Sindoro. Kamu pun bisa melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan. Jika kamu penyuka wisata danau yang berpadu dengan gunung, ya embung Kledung ini pilihan wisata yang pas buat kamu.

Ada banyak alasan mengapa embung Kledung jadi destinasi wisata yang bakal ngehits di tahun ini. Salah satunya karena pemandangannya instagramable banget, serasa di luar negeri lho!

Pemandangan embung Kledung sangat indah karena waduk ini berada di lereng gunung Sindoro. FYI, Gunung Sindoro punya gunung kembar bernama Gunung Sumbing yang lokasinya bersisian. Kalau semasa kecil kamu pernah berimaji menggambar pemandangan dengan 2 gunung dan 1 jalan yang membelah di antara keduanya, plus sawah di sekitarnya, percayalah kamu akan menemukan gambarmu itu secara nyata di Gunung Sindoro dan Sumbing.

Apalagi, ada kebun teh yang bisa kamu kunjungi di sekitar waduk ini. Kamu bisa berwisata ke kebun teh sekaligus ke kebun-kebun yang sedang dalam pengembangan agribisnis Kledung Pass dengan tanaman seperti strawberry maupun kentang. Sebagai akses utama ke Dataran Tinggi Dieng, tepat kiranya embung Kledung jadi alternatif wisata di akhir pekan.

Lalu, gimana sih cara menuju ke embung Kledung di Temanggung ini?

Akses menuju embung Kledung pun juga cukup mudah. Kamu bisa mencapai destinasi ini melalui 2 kota besar terdekat yakni Jogja dan Semarang. Jika kamu dari Jogja, rute yang harus kamu tempuh adalah Magelang-Secang-Temanggung-Parakan kemudian ke Desa Kledung. Jika kamu dari Semarang rutenya juga bisa menuju ke Kledung via Secang. Waktunya hampir sama baik via Jogja atau Semarang, sekitar 2,5 sampai 3 jam. Nah, sesampai di Kledung, kamu tinggal tanya aja ke warga kalau belum ketemu embung Kledung.

Sumber