You are here
Beranda > Tips & Trik > Buang Air Kecil Tanpa Rasa Sakit : Begini Caranya

Buang Air Kecil Tanpa Rasa Sakit : Begini Caranya

Jakarta – Menahan kencing dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu kenyamanan. Terkadang seseorang menahan kencing karena sulit mencapai toilet yang jaraknya cukup jauh.

Dilansir dari Medical News Today, bila Anda sering menahan kencing, Anda mungkin merasa nyeri pada kandung kemih atau ginjal. Ketika seseorang sudah mencapai toilet, kencing juga bisa terasa sakit.

Dalam beberapa kasus, menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan bakteri berkembangbiak. Ini menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Agar tidak menahan kencing terlalu lama, ada beberapa kiat yang harus dilakukan agar tidak terasa sakit sebelum mencapai toilet.

Menyilangkan kaki saat berdiri

Cara ini dapat menekan uretra (tabung penyalur utama untuk pembuangan air kencing dari kandung kemih ke luar tubuh) sehingga menghindari menahan kencing.

Orang yang terburu-buru keluar rumah mungkin tidak sempat ke toilet. Untuk itu, atur waktu sebentar dengan kencing sebentar setelah bangun tidur.

Rencanakan istirahat sejenak untuk pergi ke toilet

Anda mungkin ingin mencoba menjadwalkan istirahat sejenak untuk pergi ke toilet setiap 2 hingga 3 jam sekali. Atur waktu kapan harus ke toilet.

Jangan menunggu sampai kebelet kencing

Terlepas dari aktivitas yang sibuk, biasakan pergi ke toilet pada saat muncul dorongan untuk kencing. Jangan menunggu sampai kebelet kencing.

Source