You are here
Beranda > Hiburan > The Death Cure Berhasil Mengungguli Jumanji

The Death Cure Berhasil Mengungguli Jumanji

Jumanji akhirnya tumbang. Setelah tiga pekan berturut-turut menduduki singgasana film terlaris di Amerika Serikat, Jumanji: Welcome to the Jungle digusur oleh film debutan Maze Runner: The Death Cure pada periode akhir pekan lalu (26-28 Januari 2018).

Meski menjadi raja, prestasi film ketiga waralaba Maze Runner ini sebenarnya biasa saja. Pendapatan debut perdana The Death Cure sebesar US $23,5 juta (sekitar Rp314,7 miliar) masih jauh untuk mengejar ongkos produksinya yang mencapai US $62 juta.

Padahal, ongkos The Death Cure merupakan yang terbesar di antara tiga film Maze Runner. Film pertama The Maze Runner (2014) hanya memakan ongkos sebesar US $34 juta. Sementara pada film kedua Maze Runner: The Scorch Trial (2015), angka itu melonjak hingga US $61 juta.

Nasib Fox sebagai pihak pembuat film makin nelangsa dengan adanya tren penurunan pendapatan untuk waralaba yang diangkat dari novel karangan James Dashner ini. Perolehan pekan perdana The Death Cure menurun 22,4 persen dari film kedua (US $30,3 juta), yang merupakan penurunan 6,8 persen dari The Maze Runner.

Setidaknya, The Death Cure masih dapat duit lebih banyak dari pasar internasional. Ini juga seakan meneruskan tradisi lain dari seri Maze Runner, yang pendapatan luar domestiknya selalu di atas 70 persen.

Tercatat perolehan luar AS dari The Death Cure mencapai 77,7 persen dari total pendapatan US $105,5 juta dari seluruh dunia. Tiongkok menjadi pendulang dolar terbesar dengan total US $22,4 juta.

Maze Runner: The Death Cure merupakan kisah terakhir waralaba Maze Runner. Alkisah Thomas (Dylan O’Brien) memimpin kelompoknya untuk menyelamatkan teman-teman mereka dalam sebuah misi terakhir yang paling berbahaya. Thomas dan kawan-kawan harus melewati Last City, salah satu labirin paling berbahaya di dunia.

Sementara Jumanji masih termasuk kokoh berdiri di klasemen, dengan meraup US $16,5 juta pada pekan keenamnya. Pendapatan tersebut lumayan berarti, sebab artinya film garapan sutradara Jake Kasdan ini berhasil masuk ke 10 besar film terlaris dunia keluaran tahun 2017.

Dengan pendapatan sebesar US $822,1 juta, Jumanji bahkan langsung menerobos ke peringkat 9, mengalahkan Pirates of the Carribean: Dead Men Tell No Tales (US $794,9 juta) dan Wonder Woman (US $821, 8 juta).

Film “lawas” lain yang juga masih punya performa kuat adalah Shape of Water. Film karya sutradara Guillermo Del Toro itu berhasil meraup US $5,7 juta, kenaikan sekitar 160,7 persen dibanding pekan lalu.

Penyebabnya tak lain karena rasa penasaran orang setelah Shape of Water menjadi film dengan nomine terbanyak dalam pengumuman daftar nomine Academy Awards pekan lalu. Del Toro dan aktris utama Shelly Hawkins turut menjadi calon peraih Piala Oscar.

Kenaikan tertajam dialami oleh Hostiles, film berlatar Amerika Serikat abad ke-19 yang dibintangi oleh Christian Bale. Setelah 5 pekan ditayangkan secara terbatas, akhirnya pekan lalu Hostiles tayang secara luas di Negeri Paman Sam dan memperoleh US $10,2 juta, naik ribuan persen dari pekan sebelumnya.

Selain film baru seperti The Death Cure dan Hostiles, 10 besar box office AS juga diramaikan oleh Padmaavat, film epik dari India yang dibintangi beberapa aktor top lokal seperti Deepika Padukone, Anupriya Goenka, dan Ranveer Singh.

Isi cerita Padmaavat diambil dari puisi legendaris Padmavat (1540) karya Malik Muhammad Jayasi. Ada seorang wanita bernama Padmavati, sosok ratu Kerajaan Chittor yang diincar oleh Sultan Hindustan untuk dijadikan istri. Jika menolak, berarti Padmavati harus siap kerajaan kecilnya diserang habis oleh Kerajaan Hindustan.

Berikut 10 film terlaris di AS pada periode 26-28 Januari 2018 yang dilansir dari Box Office Mojo.

1. Maze Runner: The Death Cure – US $23,5 juta (pekan 1)

2. Jumanji: Welcome to the Jungle – US $16,4 juta (total US $338 juta – pekan 6)

3. Hostiles – US $10,2 juta (US $12 juta – pekan 6)

4. The Greatest Showman – US $9,5 juta (US $126,5 juta – pekan 6)

5. The Post – US $8,8 juta (US $58,5 juta – pekan 6)

6. 12 Strong – US $8,6 juta (US $29,8 juta – pekan 2)

7. Den of Thieves – US $8,4 juta (US $28,5 juta – pekan 2)

8. The Shape of Water – US $5,7 juta (US $37,7 juta – pekan 9)

9. Paddington 2 – US $5,6 juta (US $32 juta – pekan 3)

10. Padmaavat – US $4,3 juta (pekan 1)

Source

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com