You are here
Beranda > Kesehatan > Waspada : Kondisi Yang Akan Mengakibatkan Gagal Ginjal

Waspada : Kondisi Yang Akan Mengakibatkan Gagal Ginjal

Gagal ginjal termasuk salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Kondisi ini terjadi saat ginjal sudah tidak dapat melakukan fungsinya, yaitu untuk menyaring zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Zat berbahaya ini bisa berasal dari makanan, minuman atau obat-obatan.

Ada beberapa kondisi yang akan mengakibatkan gagal ginjal, yaitu :

Dehidrasi – Sering mengalami dehidrasi dalam tahap berat maupun parah dapat menyebabkan gangguan ginjal kronis. Karena tidak ada cairan yang bisa diserap oleh ginjal.

Diabetes – Pada penderita diabetes, ginjal akan bekerja lebih keras dibandingkan pada orang yang tidak mengalami diabetes.

Hipertensi – Pembuluh darah penderita hipertensi rentan akan kerusakan yang diakibatkan tekanan aliran darah yang terlalu kuat. Jika arteri besar dan pembuluh darah kecil yang menuju ginjal rusak, maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi dan menyebabkan cairan limbah akan menumpuk di ginjal.

Penyakit Ginjal Polikistik – Penyakit yang menyerang ginjal ini, akan menurunkan fungsi ginjal secara bertahap. Umumnya penyakit ini ditemukan pada orang berusia diatas 55 tahun ke atas.

Glomerulonefritis – Radang pada bagian penyaringan ginjal ini menyebabkan banyak kotoran sisa metabolisme yang seharusnya keluar, terhalang. Sehingga menumpuk di dalam ginjal.

Refluks Nefropati – Penyakit pada kandung kemih ini menyebabkan semua zat yang telah melewati proses penyaringan dlam ginjal dan keluar bersama urin, kembali lagi masuk ke bagian ginjal. Kelainan ini sering terjadi pada anak-anak sebagai penyakit bawaan lahir.

Konsumsi Obat – Mengkonsumsi berbagai jenis obat, terutama yang mengandung bahan lithium dan siklosporin mengakibatkan ginjal bekerja keras dalam menyaring sisa obat dalam tubuh.

Serangan Jantung – Ketika terjadi serangan jantung, maka aliran darah yang menuju jantung akan mengalami amasalah atau ginjal tidak menerima darah dari jantung. Jika kondisi ini terus terjadi, maka akan terjadi penumpukan limbah di ginjal. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka gagal jantung akan menyebabkan gagal ginjal.

Gangguan Fungsi Hati – Kondisi hati yang bermasalah karena terlalu banyak mengkonsumsi zat asetaminofen dapat menyebabkan kerusakan ginjal akut atau gagal ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal bekerja terlalu berat saat memisahkan zat tersebut dari darah. Kerusakan pada bagian nefron dan organ penyaring dalam ginjal memicu kerusakan ginjal parah sehingga ginjal kehilangan fungsinya. (Ranny)

Source : Halallifestyle.id

Picture by Google

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com