You are here
Beranda > Info > Malas kuliah? Renungan Ala mamikos ini, Bisa Bikin Kamu Semangat Lagi!

Malas kuliah? Renungan Ala mamikos ini, Bisa Bikin Kamu Semangat Lagi!

Menjalani kegiatan yang padat dengan tugas yang menumpuk terkadang membuatmu mulai merasakan jenuh dan ingin mengakhirinya begitu saja. Belum lagi penelitian yang lumayan menyita waktu istirahat kamu. Banyak mahasiswa yang setengah-setengah saat melakukan kuliah.

Padahal di awal sebelum memulai perkuliahan, sudah memiliki komitmen untuk diri sendiri dan keluarga akan menjalani perkuliahan dengan lancar dan semangat.

Meninggalkan kampung halaman untuk melanjutkan study tentunya tidak mudah. Ini tentu akan berdampak kurang baik bagi mereka dan orang-orang yang menaruh harapan supaya mereka keluar dari kampus dengan bangga.

Di saat menghadapi kegiatan yang sangat padat, tentunya tidak kamu hadapi dengan sendiri. Banyak diantara teman-teman kampus kamu yang menghadapi hal sama seperti itu. Tentunya kamu tidak sendirian. Bahkan ketika kamu memilih jalan untuk bermain dengan teman sebelum menuntaskan tugas yang menumpuk, itu hanya akan memberikan kebahagiaan sementara saja.

Setelah itu kamu akan dihadapkan dengan tugas yang sudah menunggu. Jika dilihat dari langkah yang diambil, tentunya kamu memang membutuhkan motivasi dengan mindset bahwa kuliah itu menyenangkan.

Bagaimana menciptakan suasana perkuliahan yang menyenangkan tanpa harus melakukan drama bermalas-malasan? Berikut tips untuk kamu yang ingin semangat kuliah :

Mulailah belajar dengan mengingat tujuanmu kuliah

Memulai pekerjaan merupakan salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Tentunya rasa ragu untuk mencoba, ingin menunda datu terus mencari pengalihan lain untuk tidak segera diselesaikan. Apa yang kadang kamu lakukan terkadang justru membuatmu lupa waktu jika sudah melakukan proses pengerjaan.

Pada saat kamu mulai merasa terbebani dan tidak nyaman dengan banyaknya tugas, cobalah ingat kembali tujuan kamu kuliah. Untuk mendapatkan kesuksesan tentunya kamu tidak bisa hanya bermalas-malasan saja, saatnya kamu bersemangat. Bukan hanya sebagai klise saja, namun hal ini akan menjadi trigger untuk kamu. Semua yang dikerjakan dengan kerja keras tentunya akan memberikan hasil yang memuaskan.

Bersyukurlah banyak orang yang belum berkesempatan kuliah

Setiap keadaan tentunya harus kamu syukuri. Apalagi ketika kamu menjalani perkuliahan, kamu harus bersyukur karena masih banyak orang yang belum bisa berkesempatan untuk bisa kuliah. Kamu adalah salah satu orang yang beruntung.

Salah satu hal yang saat ini bisa kamu lakukan adalah dengan lebih semangat dan giat dalam perkuliahan. Jangan banyak mengeluh tugas ini dan itu, masih berat lagi beban mereka yang belum bisa berkesempatan kuliah.

Buat kamar kost nyaman

Menciptakan kamar yang ideal dan nyaman menjadi keinginan setiap orang. Kost yang nyaman akan membuatmu lebih bersemangat untuk belajar dan tentunya akan betah di kamar. Buatlah kamarmu dengan desain dan tema yang menarik.

Untuk mendapatkan kost yang nyaman dan strategis kamu bisa mencarinya melalui mamikos.com. Dengan mendownload aplikasi mamikos pada playstore, kamu bisa mencarinya kost ideal kamu seperti kost dekat uin jakarta.

Ingat harapan orang tua

Ketika malas mulai datang untuk menyelesaikan segala tugas perkuliahan, ingatlah mereka yang di rumah. Orang tua tentunya memiliki harapan besar untuk kamu. Mereka memiliki harapan agar kelak anaknya menjadi orang sukses dan berhasil atas studynya. Agar kamu tidak mengecewakan mereka, jalanilah dengan semangat.

Ciptakan kenyamanan sebelum belajar

Setiap orang berbeda-beda dalam menciptakan kenyamanan. Tentunya menemukan bagaimana cara mendapatkan kenyamanan saat berbedapun juga berbeda.  Setiap orang memang berbeda dalam menyerap ilmu atau informasi yang masuk.

Namun kamu bisa melakukan hal yang nyaman sebelum belajar, contohnya dengan menyiapkan buku atau jurnal yang kamu suka kemudian bisa kamu diskusikan dengan dosen atau teman di kampus. Atau dengan cara apapun karena kamu sendiri yang tahu bagaimana cara mendapatkan dan menerapkannya agar belajar jadi lebih asyik serta tidak membuat bosan.