You are here
Beranda > Otomotif > Nitrous Oxide (N2O) Atau NOS Memanglah Nyata! Beginilah Cara Kerjanya

Nitrous Oxide (N2O) Atau NOS Memanglah Nyata! Beginilah Cara Kerjanya

Para modifikator kerap menggunakan botol warna biru dengan tulisan NOS, yang berarti Nitrous Oxide System, untuk menambah performa mobil.

Bahkan, saking populernya, piranti ini sudah menjadi sentuhan wajib pada mobil-mobil yang membintangi film-film Fast & Furious.

Gas nitrous sebenarnya adalah uap yang jika dihirup menjadi gas tawa. Uap dari nitrous masuk ke ruang bakar mesin dan pecah menjadi dua unsur (nitrogen dan oksigen).

Pada kadar oksigen yang terdapat di senyawa NOS/nitrous adalah melebihi setengah pada kadar oksigen yang ada di udara, kadar oksigen pada NOS adalah 36% dari total berat pada NOS.

Nitrous dapat menguap karena dari bentuk yang cair berada dalam tabung bertekanan dan menguap dengan cepat karena tekanan pada atmosphere.

Yang membuat nitrous atau NOS dapat berguna mempercepat laju mobil adalah karena bercampurnya oksigen pada nitrous dengan senyawa hidrokarbon (senyawa yang terdapat pada bensin, solar dan bahan bakar lainnya) pada pembakaran yang akan terjadi, oksigen membantu dengan tekanan tinggi.

Simak Video Berikut :

Source : Otosia.com | Bagaimana Cara Kerja NOS Sesungguhnya? | Picture by Otosentrum.com | Video by Youtube